Bagaimana Cara Makan yang Sehat menurut Islam ?

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kesejahteraan umatnya. Termasuk dalam hal makan-pun, Islam memiliki cara yang baik guna kesehatan. Sebagaimana firman ALLAH Swt. yang berbunyi :

".........Makanlah dan minumlah kamu, tetapi jangan melampaui batas........"

QS. al-A'raf : 31

Sesuai dengan firman di atas, bahwa makan dalam jumlah yang berlebihan dapat menumpuk di perut. Hal ini dapat memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu hal ini menurut ajaran Islam juga termasuk dosa. Akan tetapi sebaliknya jika membiarkan perut kosong tanpa isi makanan yang berlebihan akan menyebabkan daya tahan tubuh lemah. Jadi makanlah secukupnya saja.

Beberapa ketentuan yang berhubungan dengan makanan :
  1. Hendaklah makan sesuai kebiasaan yang berlaku dalam negerinya. Misalkan di Indonesia makanan yang biasa dimakan adalah nasi.
  2. Jika kita merasa jijik atau geli terhadap suatu makanan, sebaiknya jangan dimakan. Karena dapat menimbulkan Kemudharatan atau kesia-siaan karena bisa jadi setelah makan kita akan muntah.
  3. Hendaklah memakan buah-buahan yang telah biasa dikonsumsi di negerinya saat datang musim berbuahnya. Misalnya di Indonesia buah apel, durian, dan sebagainya.


Menu makan sehat


Nasi, makanan pokok orang Indonesia


Buah-buahan yang segar


Menjijikkan ulat untuk lauk pauk

1 komentar:

  1. ooo jadi seperti itu cara makan dengan baik jadi saya tau cara makan dengan baik terimahkasi yah atas info nya semoga bermanfaat...



    gabung sama saya yah di...


    http://motogp.unsri.ac.id/index.php/menu/10

    BalasHapus

 

Translate

Visitors

Flag Counter

Lencana Facebook

Popular posts

Pengikut

Free Bulls Eye White Cursors at www.totallyfreecursors.com
Catatan si Yuda © 2012 | Template By Jasriman Sukri